Cara Mengatasi Virus Shortcut Pada Flashdisk

Cara Mengatasi Virus Shortcut Pada Flashdisk
Cara Mengatasi Virus Shortcut Pada Flashdisk - Flashdisk merupakan media penyimpanan yang banyak digunakan karena berukuran kecil sehingga mudah dibawa kemanapun. Namun dibalik kelebihannya, flashdisk sangat rentan terhadap virus karena seringkali kita gunakan di berbagai komputer yang berbeda. Salah satu virus yang sering menyerang flashdisk adalah virus win32.VB.pod atau biasa disebut virus shortcut. Seperti namanya, virus ini membuat file-file di dalam flashdisk menjadi shortcut ke dalam satu folder berukuran 2kb dan membuat ekstensi file seperti (.doc) menjadi (.exe).

Sebenarnya, folder yang terkena shortcut tersebut bisa dibuka jika PC menggunakan antivirus, misalnya Smadav. Namun, bagaimana cara mengembalikan file-file yang ter-shortcut jika PC tidak terinstall antivirus? Berikut langkah-langkah mengembalikan folder yang terkena virus shortcut pada flashdisk :


1. Klik Start, lalu ketik 'cmd' di 'Pencarian' kemudian 'Enter'.
2. Setelah masuk Command Prompt, ketik drive dari flashdisk anda lalu diikuti tanda : . (Contoh : Jika flashdisk anda ada di drive E, maka ketik di Command Prompt yaitu E:.
3. Setelah berhasil masuk ke dalam drive flashdisk, ketik dir lalu tekan 'Enter' dan lihat hasilnya sudah ketemu atau belum file-file yang anda miliki.
4. Jika belum ketemu, ketik dir/a atau dir /a dan lihat hasilnya sudah ketemu atau belum file-file yang anda miliki.
5. Setelah file-file ditemukan, ketik : attrib -s -h -r /s /d lalu 'Enter' dan tunggu beberapa detik maka file-file tersebut sudah kembali seperti semula.

Sekian dan semoga bermanfaat :)
Previous
Next Post »